Tips Untuk Sesama Blogger Pemula

Banyak orang yang ingin mempercantik blognya dengan menambah widget di sana sini pada blog miliknya. Tapi mereka tidak tahu tujuan sebenarnya untuk apa mereka menambah widget-widget tersebut. Setauku akses internet di Indonesia masih tergolong lambat jika di bandingkan negara lainnya. Jadi, saya sarankan lebih baik memiliki blog yang “gersang” tapi mudah di akses, dari pada cantik tapi berat.

Karena untuk apa kita mempercantik blog dengan widget-widget yang tidak penting tersebut. Justru hal ini bukannya menarik perhatian pengunjung, malah mempersulit mereka untuk mengakses blog kita dan akhirnya jadi malas dan membatalkan diri untuk mengunjungi blog kita. Jadi kalau tidak ada pengunjungnya, sebenarnya blog yang kita buat, untuk apa?. Penampilan blog yang menarik bukanlah hal yang paling utama untuk menarik minat pengunjung ke blog kita. Tapi, yang paling utama adalah artikel yang kita buat di dalamnya karena apa lagi yang di cari orang-orang di blog kita, kalau bukan informasi dari artikel yang kita buat. Jadi, buat kamu yang baru mau membuat blog, saya beri tahu nih tips yang saya dapat dari pengalaman sendiri.

Kalau kamu ingin membuat blog,

Pertama, lebih baik hilangkan dulu pikiran bahwa blog bisa menghasilkan uang, Ok. Pikirkanlah melaui blog ini kita bisa menuangkan “undek-undek” yang ingin kita bicarakan/katakan.

Kedua yang harus kamu pikirkan adalah. Tentukan alamat blogmu dengan matang-matang karena kalau mengganti alamat blog, orang-orang yang sebelumnya tahu alamat blog kita jadi kesulitan untuk mencari blog kita lagi, maka berkurang deh pengunjung blog yang kita miliki.

Setelah menentukan alamat blog, tentukan template apa yang akan kamu gunakan. Karena kalau mengganti template itu sangat merepotkan. Sebab, Widget-widget yang sudah susah payah kita pasang, akan terhapus semuanya. Saranku, lebih baik kamu menggunakan template 3 kolom, agar tampilan blogmu bisa jadi lebih rapi dan teratur.widget-widget yang tidak penting sebaiknya tidak usah di gunakan, karena hanya memperberat blog kita.

Ada beberapa widget yang menurut saya, cukup penting, antara lain:

Shout mix - kotak ngoceh untuk komentar.

Google translate - untuk menerjemahkan blogmu ke beberapa bahasa lain, agar pengunjung yang mungkin berasal dari luar negeri, tetap bisa membaca artikel2 kamu meski tidak bisa berbahasa indonesia.

Search engine - mesin pencari data-data di blog.






Recent posts - daftar judul postingan (artikel) yang sudah kita buat sebelumnya.




Recent Comments - untuk mengetahui komentar terbaru pada postingan-postingan yang sudah kita buat.




"web counters" dan "whose online" - untuk mengetahui jumlah yang sedang maupun yang telah mengunjungi blog kita.

Live traffic feed (feedjit) - untuk mengtahui kota asal pengunjung, tiba dari mana dan masuk ke halaman blog yang mana. Dengan widget ini kita juga bisa tahu kata kunci apa yang paling sering membawa pengunjung ke blog kita.

Tetapi yang paling penting dari semua itu adalah artikel yang kamu buat, ibaratkan nyawanya, sebuah blog tidak akan berarti apa-apa tanpa postingan/artikel. Kamu juga harus membuat “read more(baca selengkapnya)” agar halaman muka blog kamu tidak tampak penuh.

dan jangan pelit membagi “link” ke pengunjung.
Setelah semua sudah selesai, mulai deh buat karya tulismu di blog. Terserah, mau tulis puisi, lagu, artikel tentang berbagai informasi, atau tips tips juga bisa. Dan disnilah salah satu bagian yang paling menyenangkan dari blogging “menurut ku”, bagian dimana karya tulis kita bisa dibaca oleh banyak orang melalui blog.

Bukannya mau menghalangi kamu untuk mempercantik blog. terserah, mau punya blog cantik atau yang ringan. tapi, coba lihat, beberapa blog tips yang memberikan kita banyak tips dan trik untuk mempercantik blog justru hanya menggunakan sebagian kecil tips-tips mereka pada blog mereka sendiri.

Catatan: apapun informasi yang kamu butuhkan carilah di google. Sekian dulu tips dariku, semoga bermanfaat ……

Sumber : http://Theinsteiner
Share:

8 comments:

  1. Nice posted, please add my link into ur blogroll N Follow me. Check out my blog and gives comments thanks :)

    ReplyDelete
  2. iya bener ,.,.
    dulu sya juga berfikir lewat blog bisa mndatangkan pundi" rupiah,.,.
    tapi khayalan itu lmbat laun mlai hiloang ,.,.
    yang terpenting adalah blog kita ramai di baca orang ,.,.

    ReplyDelete
  3. betul sahabat kalau suatu blog diakses lambat bisa2 pengunjung kabur, nice posting.

    ReplyDelete
  4. untuk widged Shout mix | gt | rp | rc | wc | ltf | readmore tak seraikan semua sob

    ReplyDelete
  5. Yang penting semangat sobat, banyak hal yang bisa kita pelajari dari ngeblog.. Mudah2an lambat laun bisa membawa mandaat..

    ReplyDelete
  6. artikel yang bagus...
    memang sebenarnya widget yang terlalu banyak bisa memberatkan blog. jadi memang harus pasang yang penting-penting saja, yang utama dari blog tentu adalah postingannya........

    ReplyDelete
  7. @ BLOGGING AND EARNING : Thks 4 visit
    @ New Trik Tips Komputer : Kalau sudah ramai, bukan hanya Ki$$ yang masuk, Rp dan emas batangan juga ikut mas. Thks
    @ secangkir teh dan sekerat roti : Sip ... nanti disusulin sobat
    @ BRI Jakarta Veteran : survay membuktikan semua orang maunya buru-buru, cuma "begituan" aja orang pingin berlama-lama?
    @ RizkyZone : Makasih sobat terbaikku
    @ Kang Suroto : inilah kendalanya bozz, vitamin semangatnya terkadang drop.
    @ DuniaPiyen : setuju 1000% sobat. Salam sukses selalu

    ReplyDelete

Semua perbedaan pendapat sangat dihargai di Blog Opini Indonesia, pastinya yang terbaik untuk membangun bangsa ini. Salam Blogger Indonesia

Popular Posts

Recent Posts

Theme Support

Support this blogger template ? . Hubungi :
premiumbloggertemplates.com