Kebakaran lagi Jabotabek

opini, indonesia, kebakaran, jabodetabek
Tulisan pertama ... Semoga bisa dimaklumi (masih belajar)   
Lagi kita mendengar berita kebakaran diwilayah Jabotabek. Pasar Senen yang punya nilai sejarah panjang di Ibu Kota Republik ini Pagi ini (11 Maret 2010) habis dilalap si jago merah, bahkan sore harinya sebuah pabrik Sendal Swallow didaerah Kapuk juga terbakar, bahkan karena sulitnya wilayah kebakaran, kencangnya tiupan angin, dan bahan2 yang mudah terbakar tetap menjadi kendala apai sulit dipadamkan dari jam 15.00 sore hingga pukul 20.00 wib.

Kebakaran lagi Jabotabek menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi warga yang tinggal di metropolitan ini. Situasi rumah yang sempit, berdempetan, semua lahan sudah dibeton dan kompleknya masalah sosial lainnya membuat sikecil jadi kawan ini tidak begitu dihiraukan warga DKI Jakarta, tapi bila sudah membesar menjadi lawan yang sulit ditaklukan bahkan oleh petugas sekalipun.

Banyak kejadian api membesar karena masalah sepele yang kadang tidak kita perhitungkan seperti : Arus pendek, Kompor meledak, Kebocoran gas Elpiji dan sebagian kecil dari korek api atau lilin yang terbakar.

Hampir sebagian besar penyebabnya bukanlah si API tersebut, tapi lebih kelalaian kita selalu yang mengendalikan keberadaannya disamping kehidupan kita.

Tips / Cara yang paling tepat mengatasi kebakaran :
  1. Perhatikan lingkungan sekitar, jika kita tinggal dilingkungan yang padat penduduk carilah lokasi yang mudah diakses dari beberapa tempat, untuk memudahkan kalau terjadi kebakaran
  2. Membuat Rumah / Renovasi gunakan bahan yang tidak mudah terbakar, seperti penggunaan Baja Ringan.
  3. Bila bepergian selalu memeriksa perlengkapan yang mudah terbakar seperti : Kompor Gas dan Setrikaan.
  4. Jangan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, pada saat lebaran pun sebisa mungkin rumah dititipkan pada tetangga terdekat, RT atau Bagian Keamanan.
  5. Semuanya Tips diatas bisa didukung dengan tingkat kepedulian masing2 warga dan bahu-membahu sesama warga bila terjadi masalah kebakaran.
Semoga Tips ini bermanfaat bagi kita semua, khususnya warga jabodetabek yang kapan saja bisa mengalami kebakaran lagi tingkat penyebaran warganya sudah sangat padat .

0 komentar:

Post a Comment

Semua perbedaan pendapat sangat dihargai di Blog Opini Indonesia, pastinya yang terbaik untuk membangun bangsa ini. Salam Blogger Indonesia