Friday, May 15, 2015

Seberapa kaya atau miskinnya bangsa Indonesia ini ?

Seberapa kaya atau miskinnya bangsa Indonesia ini, Opini Indonesia
Orang bilang tanah kita tanah surga tongkat kayu dan batu jadi tanaman, salah satu bunyi syair lagu Kolam susu dari koes plus apakah masih relefan dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini. Beberapa orang terkaya didunia ada yang merupakan WNI dan rakyat kebanyakan banyak yang berpenghasilan dibawah UMK alias dibawah garis kemiskinan dan hampir miskin ? Sebetulnya seberapa kaya atau seberapa miskinkah bangsa Indonesia ini ?

Coba kita analisa dengan berbagai beberapa kekayaan yang dimiliki bangsa ini. 

1. Negara ini punya pertambangan emas terbesar dengan kualitas emas terbaik di dunia. yaitu PT Freeport. 

Pertambangan yang berlokasi di papua ini dibuka tahun 1967 hingga sekarang, pertambangan ini telah mengasilkan 7,3 juta ton tembaga dan 724,7 juta ton emas. Jika kita coba me rupiah kan jumlah tersebut dengan harga per gram emas sekarang, saya anggap Rp. 300.000. dikali 724,7 Juta ton emas / 724.700.000.000.000 Gram dikali Rp 300.000. = Rp.217.410.000.000.000.000.000 Rupiah.  Saya nggak tau cara bacanya sekitar Rp. 217,4 Milyar Triliun, betul atau salah ya ? Itu hanya emas belum lagi tembaga serta bahan mineral lain-nya. 

Lalu siapa yang mengelola pertambangan itu ? Selama ini dikelola oleh  Amerika Serikat dengan prosentasebagi hasil  1% untuk negara selaku pemilik lahan dan 99% untuk AS sebagai negara yang memiliki teknologi untuk melakukan pertambangan disana. 

Bahkan ketika emas dan tembaga disana mulai menipis ternyata dibawah lapisan emas dan tembaga tepatnya di kedalaman 400 meter ditemukan kandungan mineral yang harganya 100 kali lebih mahal dari pada emas, yaitu  Uranium bahan baku pembuatan bahan bakar nuklir. Belum jelas jumlah kandungan uranium yang ditemukan disana, tapi kabar terakhir yang beredar menurut para ahli kandungan uranium disana cukup untuk membuat pembangkit listrik Nuklir dengan tenaga yang dapat menerangi seluruh bumi hanya dengan kandungan uranium disana. Wow ... Seberapa kayanya Indonesiaku

2. Negara ini punya cadangan gas alam terbesar didunia, tepatnya di Blok Natuna.

Berapa kandungan gas di blok natuna ? Blok Natuna D Alpha memiliki cadangan gas hingga 202 Triliun kaki kubik dan masih banyak Blok-Blok lain penghasil tambang dan minyak lainnya. Siapa pengelulanya ? Exxon Mobil bekerjasama dengan Pertamina.

3. Negara ini punya Hutan Tropis terbesar di dunia. 

Hutan tropis ini memiliki luas 39.549.447 Hektar, dengan keanekaragaman hayati dan plasmanutfah terlengkap di dunia.

Letaknya tersebar di pulau Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Jika Indonesia mau mempercepat  kiamat sangat mudah, hanya dengan menebang semua pohon di hutan itu makan bumi pasti kiamat. Karena bumi ini sangat tergantung sekali dengan hutan tropis ini untuk menjaga keseimbangan iklim karena hutan hujan Amazon tak cukup kuat untuk menyeimbangkan iklim di bumi ini.

4. Negara ini punya Lautan terluas di dunia. 

Dikelilingi dua samudra, yaitu Pasific dan Hindia hingga tidak heran memiliki jutaan spesies ikan yang tidak dimiliki negara lain.

Saking kaya-nya laut negara ini sampai-sampai negara lain pun ikut memanen ikan di lautan negara ini yang sekarang lagi di usir oleh mentri kelautan dan perikanan susi pudjiastuti. Seberapa miskonnya kita karena hasil laut kita dicuri oleh negara lain

5. Negara ini punya jumlah penduduk terbesar ke 4 didunia. 

Dengan jumlah penduduk 240 juta jiwa sudah harusnya banyak orang-orang pintar yang telah dihasilkan negara ini. Contoh sederhana mencari 11 pemain sepak bola harusnya bisa lebih baik kwalitasnya dibandingkan pemain sepakbola dari bekas pecahan Indonesia yaitu Timot Leste. Malah secara peringkat FIFA peringkat sepak bola Indonesia malah dibawah rangkin Timor Leste. Seberapa miskinnya kita 

6. Negara ini memiliki tanah yang sangat subur. 

Gunung berapi yang aktif yang menjadikan tanah di negara ini sangat subur terlebih lagi negara ini dilintasi garis katulistiwa yang banyak terdapat sinar matahari dan hujan yang cukup sepanjang tahun. 

Jika dibandingkan dengan negara-negara timur tengah yang memiliki minyak yang sangat melimpah negara ini tentu saja jauh lebih kaya. coba kita semua bayangkan karena hasil mineral itu tak bisa diperbaharui dengan cepat. dan ketika seluruh minyak mereka telah habis maka mereka akan menjadi negara yang miskin karena mereka tidak memiliki tanah sesubur negara ini yang bisa ditanami apapun juga. 

Faktanya hasil alam  kita belum mampu mensejahterakan seluruh rakyat indonesia, apa lagi untuk kebutuhan ekspor atau lahan pangan dunia. Duh ... Seberapa miskinnya kita

7. Negara ini punya pemandangan yang sangat eksotis dan lagi-lagi tak ada negara yang bisa menyamainya. dari puncak gunung hingga ke dasar laut bisa kita temui di negara ini.

Sehingga kunjungan wisata lokal dan manca negara sudah seharusnya bisa melebihi negara-negara eropa yang sering dikunjungi WNI saat berlibur. Namun faktanya Indonesia ini hanya dikenal melalui bali yang luas, keindahan bahkan potensinya tidak sampai 10% dari potensi keindahan dan budaya Indonesia lainnya. Apa betul kita miskin ?

Jadi seberapa kaya atau miskinnya Indonesia ini ? Apa betul tiada bangsa lain sekaya Indonesia ? Faktanya kekayaan alam Indonesia tidak seirama dgn kehidupan rakyatnya yang masih miskin, terbelakang, bodoh, pendidikan dan tidak berdaya akan nasibnya. Ibarat ayam mati diatas lumbung padi, penghasil minyak tapi mesti antri beli BBM, sentra beras namun jatah raskin untuk mereka juga, apa yang terjadi ?

Gambar by : batatx.foto

5 comments:

  1. kalau ngomongin freeport yang kita kejatah 1% itu yang bikin nyesek, nggak tahu dulu negosiasinya seperti apa, hingga bagai hasilnya seperti itu, ehm

    ReplyDelete
  2. @Amri Evianti : Nggak tau amerikanya yang pintar negosiasi atau pemimpin kita terdahulu yang bod*h bernegosiasi. Nyesek.com

    ReplyDelete
  3. heheheh bener nyesek kalau mikir bagian yang ini. hehe

    ReplyDelete
  4. Yang kasian pihak kita sisa AMPAS nya saja lagi...nasib..nasib.

    ReplyDelete
  5. @Icah Banjarmasin : Negri sejuta ampas ... tetap optimis kawan

    ReplyDelete

Semua perbedaan pendapat sangat dihargai di Blog Opini Indonesia, pastinya yang terbaik untuk membangun bangsa ini. Salam Blogger Indonesia